Saturday, October 3, 2009

anak yang mem-bully enaknya diapain ya?

kalo buat anak-anak yang di-bully, ada banyak tips untuk menghindarinya.
Buat anak-anak yang mem-bully, enaknya diapain ya?
Apa sih sebabnya anak-anak mem-bully?
Jujur,saya bingung,kenapa Sasha suka mendorong atau memukul anak yang lebih kecil dari dia.
Hmmm,bukan cuma yang lebih kecil, yang besar tapi keliatan lemah pun juga dibabatnya.
Dan itu dilakukan without any warning.
Saya malu, sedih juga liat Sasha.

Berbagai hukuman,mulai dari bentakan sampai fisik pun sudah saya berikan ke sasha. Tapi ga mempan juga. Hal yang sama berulang kali dilakukan. Saya jadi was-was kalo mau ajak Sasha keluar.

Jujur,saya kehabisan akal.
Ini mungkin kegagalan saya juga.
Ada yang bisa bantu saya?

15 comments:

  1. coba malam malam mau bobokl dikau kisahkan aja, kalo dikau dulu pernah dikerjain anak anak, biking yang dramatis kalo perlu dikau nangis, nanti coba liat apa komentar doi ? kalo beruntung nanti dikau bisa tau kenapa doi mendorong anak lain..

    ReplyDelete
  2. @mbah dukun: iya deh,mbah... Ntar dicoba... Thanks ya,mbah...

    ReplyDelete
  3. Wah, kak Sasha cantik galak euy ;p
    Eh, tapi Cinta juga suka galak mba, orang g boleh deket² mama papanya, barangnya, mainannya, rumahnya. Sampe ngebentak & mukul segala. Padahal udh g kurang² ngasih taunya. Gimana ya?
    *lha kok malah curcol*

    ReplyDelete
  4. Sha selalu gitu atau mood2 an? . Kalo ican tergantung mood, kalo lg korslet ya sama kaya sha gt. Aku sih kuncinya cuma sabar dan ngingetin dia kalo itu salah, kadang mempan... kadang ga juga. kadang kalo ingat malam2 aku usahain hypno dia dg kalimat positif, jika rutin dilakukan ada efeknya sih, tp kalo aku lg males ya dia balik lg. Sptnyaa, intinya adalh tetap jgn menggunakan kata negatif saat marahin dia, itu yg akan terekam dlm otaknya, panggil dia anak pintar, anak pintar menjaga tangannya untuk membelai, untuk memeluk, gitu2 deh, saat bcr, usahakan face 2 face, dan konsisten. Mdh2an bs melunakan dirinya. Aku msh blm maksimal krn ga konsisten...

    ReplyDelete
  5. @nia: sasha galak banget,nia... tapi ya itu,anak-anak yang jadi sasarannya yang kecil-kecil atau yang keliatan lemah. Aku sampe bingung gimana mesti ngomonginnya. Setiap mau pergi,mesti ceramah dulu... Emang mesti sabar-sabar kali ya...

    ReplyDelete
  6. @mbak eva: sha selalu terpancing kalo liat anak kecil. Barusan aja,adik sepupunya dilempar trolley *tepok jidat* Penalty corner pun ga mempan,mbak.
    Pusing aku....
    Yang bikin tambah heran,kalo ketemu sama anak-anak yang sama aktifnya atau yang sama-sama bisa diajak jail,dianya enjoy main... Doooooh,puuuussssiiiiiiinnnnnngggg

    ReplyDelete
  7. Memang ada kenikmatan tersendiri sih kalo liat orang teraniaya *bukan pengalaman pribadi*. Makanya, ospek2 di sekolah yang ngawur kan sebenernya banyak banget unsur bully-nya.

    Kalo cuma sesekali seperti Icannya Mba Eva sih kayaknya ga masalah ya. Ada memang anak yang suka gitu, nanti seiring waktu akan berkurang sendiri kalo kitanya konsisten mengarahkan. Tapi kalo terus2an dan seperti terpola, kayaknya ada yg salah deh. Mungkin perlu dibawa konsultasi ke psikolog anak Ka? Bukan apa2, takutnya kalo kebablasan dan sampe bikin anak lain celaka *naudzubillahi min dzalik*, nanti repot Ka...

    ReplyDelete
  8. Ikutan sumbang suara boleh yaaa, kebetulan postingan anda muncul di inbox kami :-)

    Anak biasanya belajar dengan cara memodel atau mencontoh. Menurut pengalaman di sekolah kami (namun tentu mungkin saja tidak demikian dengan kasus Sasha), anak yang membully di sekolah (memukul, mendorong, mengancam, dll.) dia sendiri mengalami atau menyaksikan hal serupa.

    Coba diamati input apa yang diterima Sasha dari lingkungannya, apakah ada penghuni rumah atau teman/tetangga yang memukul dia, atau apakah dia sering ikut nonton acara TV/film yang mengandung unsur kekerasan. Saat ini luar biasa banyaknya acara TV yang mengandung kekerasan dan sama sekali tidak mendidik, dan secara tidak sadar orang tua memaparkan kekerasan tsb. pada anaknya ketika mereka sendiri menonton dan anaknya ada di sekitarnya.

    Ada berbagai langkah yang bisa dilakukan untuk mencoba membantu ananda belajar bahwa kekerasan tidak akan membawa hasil yang baik, namun langkah di atas dapat menjadi langkah awal. Percuma diberi nasihat dan hukuman bila sumbernya belum ditangani. Memang harus sabar dalam mencari tahu. Pengalaman pribadi saya ketika anak saya dibully waktu TK, saya perlu sekitar 3 minggu untuk mengorek informasi dari dia karena pada awalnya dia tidak mau bilang dan pokoke mogok sekolah. Apalagi anak-anak biasanya belum bisa mengartikulasikan perasaannya dengan jelas.

    Mudah-mudahan ada manfaatnya, good luck ya.. :-)

    ReplyDelete
  9. Ka...di tabloid Nakita yg baru ada tuh dibahas tp saya blm sempat baca baru baca judulnya Ketika Intan apa gitu....

    ReplyDelete
  10. shasha umur berapa mba? kalo umurnya 2-3 thn ini masa dia utk mengeksporasi emosinya. masa di mana dia lagi belajar utk mengunggapkan emosinya. hhmmm kalo mba ika memberi hukuman dengan bentakan dan hukuman fisik,ini akan semakin mengukuhkan dia bahwa apa yg dia lakukan BENAR,sebaiknya....ajak omong sedikit2... gimana kalo shasha yg merakasan di pukul,sakit ga? gimana kalo shasha yg di dorong,akibatnya apa?
    kalo shasha lebih senang bermain dgn teman yg sama aktifnya,mgkn shasha perlu tambahan teman ato lingkungan lain agar bisa berempati dan bertoleransi
    coba mba ada buku dari kak seto terbitan erlangga kids,lmyn juga.....
    yg pasti mba jgn bilang kalo nakal,karena omongan orang tua adalah doa,dan jgn juga membicarakan tingkah shasha ini di depan dia,karena hal ini juga akan mengukuhkan perilakunya
    maaf kalo ga berkenan...

    ReplyDelete
  11. gue masih mencari pemicunya sih, wi...
    kemungkinan dia gemes juga liat anak kecil
    kalo yang anak gede, dia gemes kalo tu anak gak nanggapin omongannya.
    tapi kalo terus-terusan, gue konsulin deh
    gue takut, itu adalah luapan emosi dia yang tidak tersalurkan
    kan mulai menjadi setelah ayah gak ada

    ReplyDelete
  12. mmh, jangan "salahin" situasi karena pasangan kita udah gag ada ya Ka.. karena yg ada pasangan kumplit pun, anak ada yg bersikap kayak Sha...

    kalok menurut kata2 elo, kalau dia ketemu sama anak yang click sama dia [lebih besar, "sifat yang sama"] dia buktinya bisa main. kenapa sama yang kecil, yang lemah, yang cuekin dia, dia bisa marah..

    mmh, gue sih pengalaman pribadi gue sama nayaka yaa...
    kalau gue memposisikan nayaka sebagai well anak yg lemah, anak kecil, omongannya sering gue ignore, jarang gue libatin dalam keputusan, gag hargai keputusan dia, nayaka bisa ngamuk loh!
    sedikit demi sedikit, gue gag mandang nayaka itu anak yang harus gini gitu... tapi dia equal partner yang punya pendapat juga.

    semisal, weekend ini, gue skrang biasain: mas kita mau kemana, uang ibu cukup untuk ini ini ini.. mas mau ini, itu, ama onoh... biasanya, umur se naya kasih pilihan... dan gag jarang, dia nolak.. enggak, di rumah aja.. baca buku. .. ya weess...

    atau, beli baju, beli sepatu, beli mainan.. duluuuuuuuu sering gue beli tanpa melibatkan dia. sekarang.. gue harus melibatkan dia, karena.. selera dia belum tentu sama dengan kita..

    mmh.. itu aja sih ka.. tapi bener kata dwi.. coba kalok dah elo apply semua tips, gag mempan juga, konsultasiin sama psikolog yaa sayang

    ReplyDelete
  13. Mba Ika, Abang Ogie juga lagi suka bully sama mamanya
    kayanya emang ada fasenya trus, aku jg jadi belajar
    Utk jangan terlalu sering menggguruin, tp dipeluk aja dan dialihkan
    Aku koreksi diri, kr sering juga kl Abang nakal, aku mengguruin panjang lebar dan kadang memukul pantatnya kl dah kelewatan dan disiplin corner
    Tp terlalu sering dihukum, dia jadi kebiasaan malah gak mempan
    Kami masih tahap observasi neh Mba, moga kita bisa memahami anak2 kita yah..dan fase ini bisa berlalu dng sukses (aku suka stress dan menyalahkan diri, pdhl gak boleh yah..)

    ReplyDelete
  14. Ikaaaa....
    Rafaku gitu juga...ini malah nggak cuma ama yg kecil, ama yang besar juga dia pasang badan...pede aja. Sampe pusiiiinnngggg ngasi taunya, soalnya kalu dkasi tau malah dia ngamuk...

    Kalu Rafa siy emang dia ikut2an temennya. Nah, kalu yang ini memang kudu dihindarin dari pemicunya. Yang penting bunda jangan bosen ngingetin Sah dan jangan sungkan buat minta maaf sama yang ter-bully, hehe...kalu perlu, kalu ada ortunya disitu minta maaf juga, harap maklumin yaaaa namanya juga anak2. Soalnya niy, suka ada ortu yang nggak ngerti kalu itu semua cuma "kerjaan" anak2...aku sempet kena semprot tuh Ka, tapi akhirnya ya baik2 aja, wong namanya juga anak2...mu gimana lagi...

    Semangat ya Kaaaaa....
    Terus "bicara" sama Sha..

    Salam buat putri cantikmu *o*

    ReplyDelete